Minggu, 27 Oktober 2019

PENTING GA SIH PAKAI SUNSCREEN UNTUK WAJAH?


             Sebagian orang tidak menghiraukan penggunaan suncscreen. Tapi tahu ga sih, bahwa manfaat sunscreen itu banyak banget loh dan rugi kalo sampai tidak menggunakannya saat beraktivitas. Sunscreen atau tabir surya adalah bahan yang menapis sinar matahari sehingga sinar UV (ultraviolet) tidak sampai ke permukaan kulit.
            Bahaya UV sudah lama diketahui oleh para ahli. Berbagai gelombang elektromagnetik terkandung dalam cahaya matahari yang terutama adalah radiasi UV  dan infra merah. UVR terbagi menjadi 3 bagian, yaitu, UVA, UVB, UVC. Radiasi UVA (95%) dan UVB (5%) mencapai permukaan bumi, sedangkan UVC diserap sempurna oleh lapisan ozon.
            Sinar UV dapat membakar mata, rambut, kulit jika bagian tubuh tersebut tidak dilindungi. Bahaya sinar UV yang sering didengar adalah rentan terkena kanker kulit. Tapi sebelum itu terjadi, kulit akan mengalami proses kerusakan secra bertahap, diantaranya adalah penuaan dini. Tidak semua sinar matahari mengandung UV yang dapat merusak kulit, sebelum pukul 09.00 justru penting untuk kesehatan tulang. Justru pada waktu pukul 09.00-15.00 harus waspada, karena pada saat itu lah sinar UV dapat merusak kulit.
            Meski berada di dalam ruangan, sinar UV dapat masuk menembus jendela kaca, jadi harus berhati-hati yaa. Meskipun sinar matahari merupakn sumber vitamin D terbesar, tetap memiliki dampak negatif apabila kulit tidak terlindungi dengan tepat dan dapat menimbulkan efek masalah kulit seperti kulit kasar, kerutan, flek hitam, kulit terbakar dan juga komedo. Cara yang baik untuk menggunkan sunscreen adalah sekitar 15-30 menit sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan. Cara tersebut berguna untuk memaksimalkan cara kerja sunscreen agar terlindungi dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Oleh karena itu jangan lupa pakai sunscreen dahulu sebelum melakukan aktivitas yaa.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar